6 Penyebab Usaha Kecil Gulung Tikar

Sebagai pelaku bisnis, tentunya kita sangat mengharapkan bisnis yang kita bangun menuai hasil yang maksimal dan senantiasa berkembang.

Akan tetapi nyatanya seiring dengan semakin banyaknya pelaku bisnis yang ada dan semakin meningkatnya jumlah pesaing, bisnis yang dijalankan seringkali mengalami kebuntuan dan kegagalan yang akhirnya dapat membuat bisnis ini menjadi gulung tikar.

Apalagi bagi seorang pemula tentunya sangat dibutuhkan kecermatan dan pertimbangan yang matang supaya bisnis yang dijalankan tidak gulung tikar.

Nah, sebelum kita mencari solusi tentang usaha kecil yang gulung tikar alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengenali apa saja faktor yang dapat membuat usaha kita gulung tikar supaya kita dapat mengantisipasi hal tersebut supaya tidak sampai usaha kita mengalami kebuntuan dan gulung tikar.

Baca juga: 5 Trik Bertahan Sukses dengan Bisnis Waralaba Burger

 

 

Ya, sesuai pepatah memang lebih baik kita mencegah daripada mengobati. Mari kita bahas mengenai 6 Penyebab Usaha Kecil Gulung Tikar diantaranya :

Sikap Pengusaha

Ada sikap pengusaha yang membuat usaha menjadi hancur. Diantaranya adalah sikap – sikap seperti paranoid, kurangnya inisiatif, keras kepala, acuh, tidak ingin dihadapkan pada konflik, kurangnya kebijakan dalam penyelesaian masalah dan sebagainya. Itu beberapa sikap pengusaha yang malah merusak usahanya sendiri karena itu mari kita hindari sikap tersebut.

Disfungsi manajemen

Kurangnya integritas, visi dan kerja sama diantara teamwork dapat membuat disfungsi manajemen tercipta karena itu mengorganisasi manajemen harus kita lakukan sebaik mungkin.

 

 

Tidak efisiensinya operasional

Tentunya semua pengeluaran yang terjadi harus benar – benar diperhitungkan karena jika tidak maka yang terjadi akan lebih besar pasak daripada tiang. Karena itu upayakan supaya biaya operasional dalam usaha dikeluarkan sefeektif mungkin.

Akuntansi yang buruk

Dalam sebuah usaha tentu data keuangan harus terorganisir. Karenanya upayakan kita selalu melakukan manajemen akuntansi sebaik mungkin.

Pertumbuhan usaha yang tidak terkontrol

Tentunya ekspansi pasar harus kita jaring dengan sebaik mungkin karena jika kita salah maka pertumbuhan usaha kita akan menjadi tidak terkontrol.

 

 

Penurunan pasar

Jumlah permintaan dapat menurun jika pesaing sudah merebak dan kita tidak dapat melakukan spesialisasi sebaik mungkin karenanya hal ini harus kita antisipasi.

Itulah 6 Penyebab Usaha Kecil Gulung Tikar yang tentunya kita sebagai pebisnis harus selalu mengantisipasinya. Ingat lebih baik mencegah daripada mengobati. Mari kita bangun bisnis kita sebaik dan seoptimal mungkin.

Baca juga: Inilah Peluang Bisnis Sampingan untuk Wanita Karir

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

6 Tips Memulai Bisnis Camilan Agar Tidak Merugi

Sun Sep 8 , 2019
Setiap orang pasti membutuhkan makanan karena memang manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa makan, kitapun juga demikian pastinya. Karena itu komponen utama yang paling harus dipenuhi sebelum sandang atau papan adalah makanan untuk dapat mempertahankan hidup. Dengan latar belakang tersebut sudah pastinya memulai bisnis makanan akan mudah diterima masyarakat karena […]
Tips Memulai Bisnis Camilan yang Mudah