6 Teknik Promosi Ini Terlarang dan Bikin Produk Anda Tidak Laku

Saat menjalankan bisnis, Anda tentu membutuhkan promosi agar produk Anda dikenal luas dan dicari. Salah satu media promosi yang sering dijalankan oleh para pelaku bisnis saat ini adalah media sosial.

Dengan maraknya pengguna media sosial, memang ada banyak orang yang kemudian tertarik menjalankan promosi melalui media sosial.

6 Cara Promosi Ini Bikin Produk Anda Tidak Laku

Namun ternyata promosi media sosial ini dapat menjadi bumerang bagi bisnis Anda jika Anda tidak menjalankannya dengan hati-hati.

Mengapa? Karena ada beberapa teknik promosi melalui media sosial yang ternyata bisa membuat produk bisnis Anda tidak laku.

Nah, berikut adalah beberapa teknik promosi melalui media sosial yang harus Anda perhatikan karena mereka dapat membuat produk tidak terjual.

Baca juga: 31 Tips dan Contoh Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan

 

Konten yang Menyesatkan

Teknik pertama yang harus Anda hindari dalam menerapkan teknik promosi di media sosial adalah membuat konten yang menyesatkan.

Ketika memposting sesuatu yang terkait dengan produk (penjualan keras) atau informasi umum (penjualan lunak), maka cobalah untuk membuat penjelasan nyata.

Jangan gegabah dengan membuat konten atau posting yang salah dan menyesatkan.

Karena jika Anda ketahuan membuat konten atau posting yang tidak benar dan menyesatkan, maka ini akan berdampak pada kepercayaan konsumen terhadap produk bisnis Anda.

Jadi ketika memposting konten pastikan terlebih dahulu validitas atau kebenaran data atau informasi yang diberikan.

 

Promosi Kapan Saja

Biasanya pelaku bisnis baru yang menjalankan teknik promosi melalui media sosial akan senang dengan memposting atau promo yang memaksa.

Tentu saja cara promosi ini tidak benar. Karena promosi yang ngotot setiap saat akan membuat konsumen cepat bosan dan akhirnya akan jengkel.

Ketika konsumen sudah dalam tingkat gangguan itu akan membuat mereka merasa kehilangan dalam produk Anda.

Jika demikian, jangan tanya lagi minat mereka membeli produk Anda, karena sudah pasti mereka tidak tertarik. Agar konsumen tidak bosan dan terus tertarik dengan produk bisnis Anda, maka pastikan untuk melakukan promosi secara teratur.

 

Beli Follower

Selanjutnya, teknik promosi di media sosial yang dapat membuat produk Anda tidak terjual adalah dengan membeli pengikut.

Di media sosial seperti Instagram dan Twitter, pengikut memang memiliki peran penting untuk menarik konsumen. Karena dengan jumlah pengikut yang besar, maka akun bisnis di media sosial akan dipercaya oleh konsumen.

Sayangnya ada pengikut yang bisa didapat dengan membeli. Sekarang teknik membeli pengikut untuk meningkatkan kepercayaan konsumen sebenarnya merupakan kesalahan besar.

Sebab, akan ada efek buruk yang bisa terjadi seperti hilangnya pembeli ketika teknik ini berlangsung beberapa lama.

 

Meremehkan Produk Lain

Di tengah persaingan bisnis yang sengit dan sengit, tidak jarang beberapa pengusaha berbicara buruk tentang bisnis pesaing mereka.

Tentu saja cara ini bukan hal yang baik untuk dilakukan secara langsung atau melalui media sosial. Karena promosi yang dilakukan oleh bisnis lain yang tidak jujur akan menjadi bumerang bagi bisnis Anda sendiri.

Jadi apa yang Anda katakan tentang keburukan dari bisnis orang lain akan membuatnya berbalik dalam bisnis Anda.

 

Hard Selling

Promosi di media sosial tidak selalu harus dilakukan dengan menawarkan produk bisnis dan keuntungannya.

Promosi penjualan keras seperti ini diperbolehkan, tetapi jangan terlalu sering melakukannya.

Karena jika Anda terlalu bersedia untuk mempromosikan produk Anda secara langsung, itu akan membuat konsumen bosan dan kemudian tidak tertarik.

Karena itu cobalah selingi promosi penjualan keras Anda dengan penjualan lunak atau promosi yang lunak dan halus. Promosi soft selling sendiri biasanya diawali dengan informasi umum yang menarik.

 

Promosi Acak dan Tak Tertarget

promosi yang harus Anda hindari saat menjalankan teknik promosi di media sosial adalah melakukannya secara acak dan tidak ditargetkan.

Promosi seperti ini memang tidak efektif karena hanya akan menghabiskan waktu. Ketika promosi ini tidak efektif maka apa yang Anda harapkan adalah membuat banyak konsumen membeli di toko Anda akan hilang.

Agar promosi di media sosial efektif maka pastikan Anda melakukannya dengan fokus dan tepat sasaran.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Inilah Bisnis Modal Kecil yang Potensial yang Bisa Anda Coba

Sat Sep 7 , 2019
Masih bingung akan mencari informasi bisnis modal kecil yang potensial untuk dicoba demi menambah pundi-pundi penghasilan? Pada kesempatan yang baik ini penulis akan mengulas sebuah infomasi bisnis dengan modal yang kecil atau sedikit yang mampu mereguk keuntungan yang luar biasa, sehingga patut untuk Anda coba. Selain potensial untuk dapat Anda […]